Dosen FIS UNY Mengabdi, Gelar Pelatihan Digital Branding Sebagai Strategi Bisnis BUMDes Sidomoyo Makmur

Digital branding menjadi sebuah strategi bisnis yang dapat dikembangkan dalam rangka meningkatkan omzet Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sidomoyo Makmur, Kalurahan Sidomoyo, Kapanewon Godean, Kabupaten Sleman. Tim Pengabdian kepada Masyarakat Pengembangan Wilayah (PkM PW) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), khususnya dari Program Studi Administrasi Publik (AP) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) yang terdiri dari Dr. Marita Ahdiyana, M.Si., Kurnia Nur Fitriana, MPA, dan Titis Dewi Anggalini, MPA telah melaksanakan “Workshop Digital Branding sebagai Strategi Pengembangan Potensi Ekonomi Kreatif BUMDes untuk Mewujudkan Sustainable Development Goals”. Kegiatan workshop yang digelar di Kalurahan Sidomoyo, Godean, Sleman” ini ditujukan bagi Pengelola BUMDes, Pelaku UMKM, Lurah dan Perangkat Kalurahan Sidomoyo. Pelatihan yang diselenggarakan Kamis (8/9) lalu ini memilih Aula Kalurahan Sidomoyo sebagai tempat penyelenggaraan acara dengan pertimbangan merupakan tempat pertemuan warga Sidomoyo, Godean.

Marita sebagai ketua tim PkM PW AP FIS UNY menyampaikan, “Program ini merupakan kontribusi nyata UNY untuk berkontribusi dengan desa mitra.’ Urai Maritha. Sedangkan Nia menambahkan dalam program ini luaran yang dihasilkan adalah prototipe desain digital branding dari BUMDes Sidomoyo Makmur. Menguatkan statement  Marita menambahkan, “Harapan kami semoga dengan pelaksanaan workshop ini adalah dapat mengembangkan ide bisnis kreatif dan meningkatkan keterampilan digital branding dengan memanfaatkan peluang e-commerce maupun media sosial yang ada secara berkelanjutan”, tegas Marita.

Selain itu, Titis menambahkan, "dampak yang diharapkan dapat berkelanjutan dari pelaksnaan ini adalah mampu meningkatkan kapasitas dan keterampilan pengelola BUMDes dan pelaku UMKM secara keatif dan mandiri di Kalurahan Sidomoyo. " imbuh Titis. Melalui kegiatan ini juga sebagai pemenuhan kewajiban dosen dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat yang menjadi salah satu bagiannya. (Sari)