Janu Muhammad Mewakili UNY dalam YLI 2015

 

Sejarah baru untuk prestasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang pada tahun 2015 ini berhasil lolos dalam Young Leaders for Indonesia (YLI) National 2015. Janu Muhammad, mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi 2011 berhasil masuk 60 mahasiswa pilihan se-Indonesia setelah menyisihkan 1.300 lebih pendaftar YLI National 2015. Young Leaders for Indonesia adalah sebuah program tahunan yang di Jakarta yang mempunyai fokus menyiapkan para pemimpin muda Indonesia untuk menjadi the next future leaders sesuai bidangnya masing-masing. Sejak dimulai pada tahun 2008, YLI memilih 60 mahasiswa terbaik dari tanah air, bahkan yang sedang kuliah di Singapura, Malaysia, dan Australia untuk mengikuti program kepemimpinan selama enam bulan.
Terdapat tiga forum dalam rangkaian program YLI yang terdiri dari Forum 1 (Lead Self), Forum 2 (Lead Team), dan Forum 3 (Lead Change) dengan ada penugasan di antara dua forum. Pada tanggal 23-24 Mei 2015 telah diadakan Forum 1 di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan. Rangkaian acara yang serba berbahasa Inggris ini meliputi The Archipelago Economy: Unleasing Indonesia’s Potential, Breaking Down The Problem – Defining & Structuring, Taking Action to Solve The Problem – Prioritizing & Action Plan, dan lain sebagainya. Pada Forum 1 ini turut hadir Hadi Wenas (CEO MatahariMall.com) dan Butet Manurung (Founder Sokola) yang inspirasinya luar biasa.
Kegiatan YLI National 2015 bertajuk ‘Unleash Indonesia’s Potential’ didukung penuh oleh McKinsey&Company, sebuah perusahaan konsultan manajemen terbesar di dunia dari Amerika Serikat. Setiap peserta mendapatkan full scholarship mulai dari biaya transportasi hingga akomodasi semua sudah ditanggung McKinsey&Company. Sebagai timbal balik setelah Forum 1, setiap peserta diberikan tugas untuk menjalankan Personal Leadership Project (PLP) selama kurang lebih 2,5 bulan sampai sebelum Forum2. Pada kesempatan ini, delegasi UNY menginisiasi Karung Goni Learning Center (KGLC) sebagai pengembangan Omah Baca Karung Goni yang berlokasi di Dusun Ngemplak, Caturharjo, Sleman. KGLC mempunyai fokus pada tiga aspek : Library Service, Non Formal Education, dan Youth Empowerment. 
Semoga dengan keikutsertaan mahasiswa UNY dalam YLI National 2015 ini dapat membuka jalan untuk partisipasi di tahun berikutnya. Tentu juga akan memberikan dampak positif bagi mahasiswa, lingkungan kampus dan masyarakat dengan menerapkan nilai-nilai positif yang diperoleh selama enam bulan di Young Leader for Indonesia. (Janu)