UNY Gelar Pelatihan Literasi Digital Bagi Perangkat Kalurahan Imogiri, Bantul

Literasi digital menjadi sebuah hal fundamental yang harus dimiliki oleh setiap perangkat desa di era disruptif ini. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki komitmen sebagai mitra kerjasama dalam program pemberdayaan dan pengabdian kepada masyarakat berbasis Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kalurahan Imogiri. Tim pengabdi yang terdiri dari Dr. Miftahuddin, M.Pd., Dr. Marita Ahdiyana, M.Si., dan Kurnia Nur Fitriana, MPA, yang merupakan dosen di Fakultas Ilmu Sosial (UNY) telah melaksanakan pelatihan dan pendampingan penguatan kapasitas literasi digital aparatur Kalurahan Imogiri, Bantul. Pelatihan yang dilaksanakan selama bulan September hingga Oktober 2022 ini digelar di ruang pertemuan Kalurahan Imogiri.  
Ketua Tim PkM KKN, Miftahuddin, menjelaskan “Intervensi pelatihan dan pendampingan kepada perangkat desa bertujuan untuk meningkatkan kapasitas literasi digital sehingga dapat berdampak terhadap tata kelola pemerintah Kalurahan Imogiri secara adaptif dalam merespon perubahan lingkungan di era disruptif.” Jelas Miftahudin. Kurnia menambahkan, “Kegiatan ini memiliki luaran adanya pembaruan pengisian data online pada Sistem Informasi Desa (SID) dan website Pemerintah Kalurahan Imogiri.”  Ungkap Nia.
Bentuk kegiatan berupa pelatihan dan pendampingan intensif yang dilakukan tim pengabdian ini juga dibantu beberapa mahasiswa KKN. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena mendapatkan pengetahuan dan merasa terbantu dalam melaksanakan ketugasan pembaruan data online. Harapannya dengan pelatihan yang diselenggarakan tersebut menjadi salah satu bentuk sumbangsih pengabdian dosen dan mahasiswa FIS UNY dalam membangun negeri. Hal yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa tersebut sebagai salah satu bentuk pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi menjadi kewajiban civitas akademika UNY. (Sari)