You are here
MAHASISWA UNY RAIH JUARA 1 DAN GOLD MEDAL PEKAN ILMUAN MUDA NASIONAL) 2
PIMNAS 2 (Pekan Ilmuan Muda Nasional) adalah sebuah ajang Lomba Esai Nasional tingkat mahasiswa yang diselenggarakan di Institut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta bekerjasama dengan Capai Cita, Entrepreneurship Factory for Youth Community, Nusantara Muda, dan Sentosa Foundation di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Perlombaan ini diselenggarakan pada tanggal 13-14 Juli 2024 dan diikuti oleh seluruh mahasiswa dari seluruh wilayah Indonesia. Tema perlombaan PIMNAS 2 adalah “Optimalisasi Generasi Milenial untuk Indonesia Emas 2045”. Kegiatan ini bertujuan mengasah pola pikir dari setiap mahasiswa untuk dapat menuangkan ide-ide atau gagasan yang yang dihasilkan ke dalam sebuah karya tulis ilmiah.
Tim dari UNY yang terdiri dari Anisa Nur Fatimah dari Departemen Pendidikan Ilmu Sosial, Rafi Faiz Firmansyah dari Departemen Pendidikan Sejarah, dan Muhammad Haziq Tsabat Pradana Putra dari Departemen Manajemen Pendidikan berhasil maju sebagai satu-satunya tim perwakilan dari UNY. Pada perlombaan ini Tim UNY dibimbing oleh Dheny Wiratmoko, M.Pd. selaku Dosen Departemen Pendidikan Sejarah FISHIPOL UNY.
Gagasan yang diusung oleh Tim dari UNY mengangkat tema di bidang pendidikan, dengan judul karya "E-Crentif Sebagai Alternatif Pendamping Modul Pembelajaran Bagi Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Tempel Sleman". Gagasan tersebut mengangkat inovasi dalam tata kelola dunia pendidikan yaitu berupa komik berbasis digital yang dikemas dengan menarik, sehingga dapat memudahkan para peserta didik untuk memahami materi pada proses pembelajaran. E-Crentif dinilai efektif oleh ahli materi dan media, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif media pendamping modul pembelajaran di sekolah.
Kemenangan Juara 1 dan Gold Medal diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk berkontribusi dalam meningkatkan inovasi di bidang pendidikan. Dengan solusi kreatif seperti E-Crentif, mahasiswa diharapkan dapat menemukan cara-cara baru dan menarik untuk memecahkan masalah pendidikan yang ada, terutama dalam proses pemahaman pembelajaran bagi peserta didik, sehingga menciptakan dampak positif yang signifikan dalam dunia akademik.
Copyright © 2025,